Thursday 12 January 2017

Manfaat Tanaman Kerut

Manfaat Tanaman Kerut - apakah kalian tahu nama tanaman ini?, kalau di tempatku yakni daerah Pecangaan Jepara namanya adalah Kerut. Kerut adalah tanaman yang biasa tumbuh di tanah yang kosong yang tidak di tanami oleh tanaman.

Di daerah saya tanaman kerut ni tumbuh dengan sendirinya tanpa adanya bibit, setiap awal msim penghujan dia tumbuh dengan sendirinya. saya kurang begitu paham karena saya tidak pernah menanamnya tapi setiap musim penghujan kerut it tumbuh dengan sendirinya. Tanaman ini biasanya bersanding dengan tanaman yang sering di jual di Gunung Muria yakni Ganyong.
Kembali pada tanaman Kerut, kira - kira kalian tahu  manfaat kerut ndak? dahulu q sering menganggap tanaman ini sebagai hama ataupun rumput liar yang mengganggu dan selalu saya matikan dan saya ganti dengan tanaman singkong maupun yang lainnya.


Tanaman kerut sebenarnya mempunya beberapa manfaat dan banyak gunanya, kalian tau caranya ndak?
Cara memasaknya pun sangan mudah yaitu cukup di kukus seperti layaknya singkong dan ubi. tapi apakah kalian tahu jika Kerut itu bisa juga di jadikan aneka makanan lainnya seperti Roti, Mie, kue dan aneka jajan yang lainnya.
Caranya dengan menghaluskan Kerut tersebut kemudian di endapkan untuk memisahkan ampas dengan sari tepungnya. kemudian setelah itu di jemur untuk dikeringkan menjadi tepung. setelah menjadi tepung kalian bisa membuat aneka makanan. selamat mencobanya kawan....
semoga ini bermanfaat....

No comments:

Post a Comment